Senin, 17 November 2008

RENOVASI GEDUNG DPR, PEMBOROSAN ATAUKAH PENINGKATAN KINERJA??

Generasi Ulil Albab News..

Berita yang cukup menghebohkan datang dari para wakil rakyat di Senayan. Apalagi kalau bukan masalah renovasi gedung DPR yang menelan dana yang tidak sedikit yaitu 40 Milliar Rupiah. Ada-ada saja yang dilakukan oleh wakil rakyat di Senayan, belum lagi maslaah banyaknya gedung sekolah yang rusak, pengangguran yang semakin meningkat, kemiskinan dan masalah krisis ekonomi global yang diprediksi dapat mengakibatkan resesi, eh malah timbul masalah baru yang datangya dari “sumber masalah” Gedung DPR Pernyataan mengenai renovasi gedung DPR muncul dari BURT DPR bahwa akan dilakukan renovasi dan penambahan ruangan anggota dewan yaitu, kamar tidur, toilet dsb.

PEMBOROSAN, mungkin ini adalah salah satu kata yang muncul kepermukaan ketikan isu ini mencuat ke permukaan. Disaat banyaknya bangunan sekolah yang rusak parah, malah dilakukan renovasi. Hal ini sangat kontradiktif dengan kinerja anggota dewan yang dalam akhir-akhir ini di sorot terkait banyaknya kasus dugaan korupsi yang sudah masuk daftar waiting list KPK. Alasan yang dikemukakan salah satunya adalah adanya penambahan anggota dewan dari 550 pada tahun 2004 menjadi 600 anggota dewan pada tahun 2009. Menurut penulis alasan tersebut tidak lagis karena masih banyak ruang-ruang kosong lain yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan oleh anggota dewan, asumsi penulis sebenanrya karena anggaran keuangan DPR tahun 2008 masih tersisa banyak sehingga dari pada dialokasikan untuk tahun depan lebih baik dihabiskan periode tahun 2008 dengan cara yang tidak cakep, renovasi gedung DPR.

Masih terlintas dibenak kita tentang renovasi rumah anggota dewan, pengadaan laptop anggota dewan yang anggarannya dipatok sampai miliaran rupiah. Coba bayangkan dimana aspek manusiawi (bisa dikatakan seperti itu) ketika bangsa Indonesia ini sedang mengalami permasalahan kompleks seperti saat ini. Alangkah baiknya jika dana tersebut dianggarkan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Salah satu dalil yang muncul ke permukaan kenapa diperlukan renovasi adalah untuk peningkatan kinerja anggota dewan. Jawaban yang sangat diplomatis karena setiap ada pengeluaran dana yang cukup banyak alasan yang dikemukakan selalu saja mengenai peningkatan kinerja. Dari dulu sampai sekarang alasan yang dikemukakan selalu saja sama.

Perlu kita menyikapi segala fenomena dalam sistem tatanan pemerintahan yang dirasa perlu karena terdapat berbagai distorsi dan penyimpangan yang mana memerlukan suatu solusi yang cerdas dan cermat terhadap permasalahan bangsa. Harapannya kedepan sebagai agen peradaban bangsa harus dapat melakukan perbaikan-perbaikan yang konstrukif untuk kemajuan bangsa Indonesia

Salam, Generasi Ulil Albab, Generasi Pembaruan dan Perubahan..

Tidak ada komentar:

Pengikut